Tips Memakai Genset Mitsubishi Yang Tepat Untuk Hindari Kerusakan

generator listrik

Kualitas generator set atau genset Mitsubishi yang tak perlu diragukan menjadikannya sebagai produk andalan masyarakat Indonesia. Walau demikian, pemakaian genset perlu diperhatikan agar tahan lama, terutama untuk penggunaan jangka panjang. Lalu, apa saja tahapan yang sebaiknya diikuti supaya alat berfungsi normal dan jarang mengalami kerusakan?

  • Matikan pusat arus listrik

Seperti yang diketahui, genset memiliki fungsi utama sebagai sumber energi listrik cadangan. Hal tersebut yang membuat pemakaiannya tak boleh berbarengan dengan sumber listrik utama. Maka dari itu, genset hanya dinyalakan saat pemadaman listrik untuk menjaga pasokan tetap stabil.

Lalu, bagaimana kalau Anda akan memakainya meski tak ada pemadaman listrik? Matikan dulu pusat arus listrik yang berasal dari PLN. Cabut juga kabel yang mengalirkan tenaga listrik dan periksa lokasi di sekitar untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja.

  • Cek bahan bakar untuk genset

Beberapa genset, termasuk jenis diesel, membutuhkan bahan bakar untuk menjalankan mesinnya. Maka setelah mematikan pusat arus listrik, teruskan dengan mengecek bahan bakar. Apalagi kalau Anda sudah lama tak menyalakan genset.

Sebagai antisipasi, persiapkan bahan bakar yang diperlukan seperti bensin untuk isi ulang. Lantas sebelum mengisinya, pastikan komponen-komponen dalam genset bersih. Tumpukan kotoran atau debu berisiko merusak alat, entah dalam pemakaian berkala atau musiman.

  • Hidupkan genset sesuai prosedur

Langkah berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah menyalakan genset Mitsubishi yang bahan bakarnya sudah diisi ulang. Mengoperasikan alat ini pun tak boleh sembarangan. Untuk itu, pemula perlu mempelajari panduan sebelum memakainya.

Sejumlah genset keluaran terbaru sudah menyertakan tombol Start untuk penggunaan praktis. Ada juga yang masih mengharuskan Anda menarik tuas beberapa kali. Jadi jangan sepelekan kalau tidak mau muncul masalah di awal penggunaan.

  • Panaskan mesin genset terlebih dulu

Seperti sepeda motor dan mobil, genset rupanya harus dipanaskan sebelum digunakan. Langkah tersebut ditujukan untuk membuat mesin dan komponen-komponen lainnya tak mengalami masalah selama dipakai, apalagi dalam durasi cukup lama.

Lantas, berapa durasi yang dibutuhkan untuk memanaskan genset? Cukup luangkan waktu sekitar lima sampai sepuluh menit. Kemudian, Anda bisa menggunakannya untuk mengisi daya listrik pada perangkat atau sistem yang memerlukan.

  • Perhatikan genset yang sedang dipakai

Jika dilakukan dengan tepat, pemanasan yang dilakukan pada genset dapat memungkinkannya berfungsi sesuai kebutuhan. Namun, bukan berarti Anda memakainya sesuka hati. Justru selama menyala, pengoperasian genset harus tetap dipantau.

Mengapa demikian? Ada kalanya genset bermasalah di tengah penggunaan karena faktor-faktor tertentu. Dengan begitu, Anda dapat mengenali tandanya dan melaporkan penemuan tersebut pada teknisi servis yang akan menangani perbaikannya.

Cukup mudah, bukan, mengoperasikan genset Mitsubishi? Mudah-mudahan membantu Anda untuk melakukan berbagai aktivitas!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *