Mau Kredit Mobil Bekas Lewat Leasing, 5 Hal Yang Harus Dipahami

ilustrasi persyaratan kredit mobil bekas

Tidak hanya mobil baru saja yang bisa Anda beli dengan cara kredit. Sebenarnya mobil bekas juga bisa dibeli dengan cara kredit. Kredit mobil bekas menjadi solusi saat ini karena mengingat harga mobil baru yang cukup tinggi. Sedangkan mobil bekas sendiri memiliki harga yang lebih murah dengan spesifikasi yang tak kalah dengan mobil baru dan dapat dibeli dengan memenuhi persyaratan kredit mobil bekas

Karena semakin banyak masyarakat yang tertarik dengan mobil bekas ini, maka tak heran jika ini menjadi peluang bisnis untuk para leasing yang menawarkan jasa untuk kredit mobil bekas. Leasing sendiri memiliki peran untuk membantu Anda yang ingin membeli mobil secara kredit. Nah, jika Anda tertarik untuk membeli mobil bekas secara kredit melalui leasing, berikut ada beberapa hal yang harus Anda pahami. Diantaranya:

Tentukan Tipe Mobil yang Akan di Kredit

Satu hal utama yang harus dilakukan sebelum akhirnya melakukan kredit mobil bekas adalah Anda harus menentukan jenis dan tipe mobil yang ingin di kredit. Pilihlah yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda. mobil yang anda kredit juta harus sesuai dengan kemampuan finansial Anda sehingga tidak terjadi masalah seperti kredit macet dan penarikan mobil di kemudian hari. 

Pilih Dealer yang menawarkan harga menarik

Dealer biasanya memiliki beberapa penawaran menarik untuk menarik pembeli. Jika anda memilih kredit mobil bekas, pilihlah dealer yang menggunakan jasa leasing. Sehingga proses pembayaran dibayarkan lunas oleh lembaga leasing. Selanjutnya Anda tinggal membayar secara kredit ke lembaga. Dengan cara ini biasanya akan lebih banyak diskon atau potongan harga yang bisa Anda dapatkan. 

Lakukan Simulasi Biaya

Setelah Anda sudah cocok dengan tipe dan harganya, maka selanjutnya Anda bisa melakukan perhitungan dengan simulasi biaya. Perhitungan harus dilakukan dengan detail bukan hanya uang muka tapi juga jumlah cicilan yang harus dikeluarkan serta biaya tambahan lain yang harus ditanggung. Biaya tambahan ini seperti biaya provisa, asuransi, fidusia dan biaya untuk perawatannya. Semua harus Anda hitung dengan cermat sehingga Anda tidak mengeluarkan biaya yang lebih besar. 

Pertimbangkan Suku bunga

Karena anda akan melakukan kredit mobil bekas lewat leasing, maka pada saat Anda mengajukan kredit ada baiknya untuk mempertimbangkan juga berapa suku bunga diberikan oleh pihak leasing. Karena semakin besar suku bunga maka akan semakin besar juga jumlah cicilan yang harus dibayarkan. Suku bunga sendiri sangat mempengaruhi nilai dari cicilan bulanan.

Persyaratan Yang diberikan

Agar bisa mengajukan kredit mobil bekas dengan lancar, pastikan untuk Anda melengkapi semua persyaratan kredit mobil bekas yang diberikan. Karena setiap leasing biasanya memiliki syarat yang berbeda. Maka Anda harus memastikan syarat yang diberikan tidak memberatkan Anda. Dan secara umum, syarat yang harus dilengkapi adalah fotokopi KTP, KK, Rekening Koran, Slip Gaji, Pajak dan lainnya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *