Ini Dia Kenapa Harus Coba Pakai Ecommerce Warehouse Management

Ilustrasi admin ecommerce

Perkembangan e-commerce di Indonesia kian pesat semakin meleknya generasi terhadap penggunaan teknologi. Berkat hadirnya pasar elektronik, siapa pun bisa mudah memulai bisnisnya sendiri.

Selain tenaga manusia, kita juga perlu bantuan teknologi dalam membantu mengerjakan berbagai aktivitas penjualan, salah satunya dengan bantuan ecommerce warehouse management.

Mengenal E-Commerce Warehouse Management

Dikenal juga dengan nama warehouse management system, dimana ini merupakan sebuah sistem yang membantu dalam pergudangan untuk toko yang basisnya secara online atau e-commerce.

Sistem tersebut mempunyai tugas utama dalam penyimpanan produk, pencatatan stok dan inventaris lainnya di toko milik Anda. Teknologi ini lebih dipilih karena sangat menjamin keamanan dan keakuratan data.

Toko online yang makin berkembang rasanya tak mungkin bila masih melakukan pekerjaan secara manual, dengan menerapkan sistem tersebut tentu akan jauh lebih memudahkan segalanya dengan kesalahan yang minim.

Kelebihan

Inilah beberapa kelebihan yang akan dirasakan dengan menggunakan EWM untuk bisnis online.

  1. Lebih Cepat

Pekerjaan yang dilakukan akan memangkas waktu lebih banyak daripada cara manual. Sistem akan otomatis mencatat data stok, kemudian mengatur pesanan serta pengirimannya dijamin tepat waktu. 

Seluruh kegiatan transaksi dari awal hingga selesai dilakukan dengan cepat dan tepat.

  1. Meningkatkan Reputasi

Penggunaan EWG dapat membantu meningkatkan reputasi toko Anda, sebab pelayanannya yang cepat dan tentunya hal tersebut dapat membuat konsumen puas berbelanja di toko milik Anda.

Ini merupakan cara baru dalam mendapatkan kepercayaan konsumen.

  1. Meminimalisir Kesalahan

Toko yang kian berkembang pasti pesanan akan masuk setiap harinya dengan kuantitas tak terhingga. Makin banyaknya pesanan masuk tentu sangat menghabiskan tenaga manusia dan berpotensi menimbulkan kesalahan.

Demi meminimalisir terjadinya kesalahan kerja, ecommerce warehouse management bisa dijadikan solusi atas permasalahan tersebut.

  1. Lebih Akurat

Dalam pergudangan, input data mengenai barang merupakan hal yang amat krusial. Sebab, salah memasukan data bisa berpengaruh ke aktivitas penjualan.

Sistem manajemen pergudangan ini punya kelebihan utama dalam menunjukkan data yang lebih akurat, bisa dipantau kapan saja.

  1. Fleksibilitas

Pemilik toko akan lebih fleksibel dalam memonitoring aktivitas di pergudangan. Anda bisa memantaunya hanya melalui komputer bahkan ponsel, kapanpun dan dimanapun.

  1. Memilih Lokasi Penyimpanan

Pengguna bisa memilih lokasi penyimpanan barang disesuaikan dengan tipe, jumlah hanya dengan sistem tersebut. Dengan begitu, barang akan lebih tertata dan terorganisir penyimpanannya.

  1. Memangkas Pengeluaran

Kehadiran teknologi dalam dunia bisnis sangat memberikan keuntungan besar dari segi biaya, terutama pengeluaran untuk membayar gaji karyawan.

Dengan sistem pergudangan ini, Anda hanya akan mengeluarkan biaya seperti untuk sewa gudang, perawatan yang mana jika dihitung bisa memangkas banyak pengeluaran sehingga bisa dialihkan kepada keperluan lain.

Demikian penjelasan mengenai ecommerce warehouse management yang bisa Anda pertimbangkan penggunaannya demi kelancaran bisnis. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *