Kenali Model Unik Dan Jenis Waffle Machines

ilustrasi waffle

Waffle machine atau waffle maker adalah sebuah mesin atau alat masak yang berfungsi untuk membuat waffle. Waffle adalah jenis kue asal Belgia yang terbuat dari tepung dan telur yang memiliki bentuk unik yang bisa kita nikmati dengan topping cokelat, strawberry, ice cream, madu dll

Waffle Machine memiliki berbagai macam variasi bentuk dan memiliki jenis yang lengkap. Mulai dari jenis Gas maupun listrik. Sedangkan bentuk wafflenya pun beraneka macam. Beberapa bentuk populer waffle machine antara lain: 

  1. Mesin Taiyaki Waffle
  2. Mesin Stick
  3. Waffle berbentuk love
  4. Waffle berbentuk kupu-kupu
  5. Waffle berbentuk kotak
  6. Waffle berbentuk kartun ( hello kitty, winnie the pooh, dll ) 
  7. Cone Waffle
  8. Walnut Waffle
  9. Ball Waffle
  10. Hotdog Waffle
  11. Churros Waffle 
  12. Lollipop waffle
  13. Egg waffle, dll
  14. Cetakan waffle tipis dan tebal

Waffle machine atau mesin waffle terdiri dari 2 jenis sumber panas yaitu :

  1. Mesin waffle listrik 

Mesin waffle listrik merupakan jenis mesin paling favorit, karena dinilai mudah, simple dan praktis. Mesin jenis ini menggunakan heater pemanas yang menggunakan listrik sebagai sumber energinya. Namun untuk penggunaan mesin waffle listrik ini membutuhkan daya listrik yang besar. Karena untuk menghasilkan waffle yang bertekstur fluffy yang crunchy dan crispy, kita membutuhkan produk dengan tinggi daya 900 W. Namun saat ini mesin dengan daya rendah sudah mulai banyak dijual.  

  1. Mesin waffle gas 

Mesin jenis gas ini terdiri dari cetakan waffle yang sudah dilengkapi dengan kompor sebagai pemanas. Jadi jika kita ingin menggunakan mesin jenis gas ini, maka akan mendapatkan cetakan yang sudah include dengan kompor gasnya.

Kelebihan waffle menggunakan kompor dibandingkan dengan waffle listrik adalah : 

  1. Waffle kompor tidak memakan listrik atau menghindari resiko konsleting atau eror mati secara tiba-tiba 
  2. Waffle kompor mudah dalam pemakaiannya dan pembersihannya

Beberapa material yang sering digunakan untuk cetakan mesin waffle adalah alumunium dan baja. Alumunium memiliki ciri khas yang ringan , mudah untuk digunakan dan permukaannya berbahan  fluorine yang mudah untuk dibersihkan. Kemudian pada bagian baja memiliki tampilan yang bagus dan menarik pada bagian outdoor, namun terkadang lumayan sulit untuk dibersihkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *