Cara Deteksi Masa Ovulasi Dengan Memahami 3 Fakta Menarik Tentang Ovulasi

alat pendeteksi masa ovulasi

Pada saat ini ada banyak sekali beredar mitos mengenai ovulasi yang mana sering membuat semua orang khususnya para perempuan di Indonesia merasa kebingungan. Akan tetapi ada yang umum yang sangat perlu untuk dipahami mengenai ovulasi ini. Ovulasi merupakan sebuah masa yang sangat tepat bagi Anda yang sedang merencanakan sebuah kehamilan. Hal ini karena ini merupakan sebuah tahapan di mana sel telur sudah siap untuk dibuahi. Oleh karena itu sangat penting sekali untuk memahami mengenai cara menggunakan alat pendeteksi masa ovulasi.

Dibalik sebuah proses ovulasi ternyata ada beberapa fakta yang menarik yang erat kaitannya dengan masa ovulasi. Kira-kira fakta menarik apa saja yang dibalik proses  Yuk simak penjelasannya berikut ini, yaitu:

  • Pahami Tentang Siklus Ovulasi

Pada dasarnya siklus rata-rata menstruasi terjadi selama 28 hari. Akan tetapi untuk siklus normalnya terjadi dalam rentan 22-38 hari lamanya. Nah, masa ovulasi ini biasanya terjadi dalam waktu 2 minggu sebelum masa menstruasi. Jika periode menstruasi Anda 28 hari maka ovulasi terjadi sekitar hari ke-14.

Hormon yang memicu terjadinya ovulasi disebut dengan hormon LH. Pada saat itu, tubuh akan lebih banyak memproduksi hormon ini yang mana akan memicu pelepasan sel telur. Pada saat ini juga lendir pada bagian serviks akan menjadi lebih licin yang mana akan membantu sperma dengan mudah menuju sel ovum.

  • Kapan Masa Hidup Sel Telur

Pada masa ovulasi sel akan hidup selama 24 jam setelah meninggalkan ovarium. Pada saat ini kemungkinan telur dibuahi dan terjadinya peluang kehamilan cukup besar. Sperma akan hidup dalam waktu 3-5 hari. Apabila sel telur tidak dibuahi oleh sperma selama masa terjadinya ovulasi maka sel telur tersebut akan menjadi hancur dan akan diserap oleh dinding rahim menjadi menstruasi yang sering dialami oleh wanita pada setiap bulannya.

  • Bolehkah Melakukan Kegiatan Sex Sebelum Ovulasi?

Ada banyak penelitian yang menyatakan jika sperma dapat hidup selama 5 hari lamanya. Oleh karena itu, ini merupakan hal yang tepat untuk melakukan aktivitas seksual selama periode ini karena peluang kehamilan cukup besar.

Itulah tadi beberapa cara sebelum menggunakan alat pendeteksi masa ovulasi dan beberapa fakta yang menarik dibalik ovulasi. Semoga penjelasan tersebut dapat menambah wawasan terkait ovulasi. Ini wajib dipahami khusus Anda pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *