Ketahui Kelebihan dan Kekurangan dari Software ERP

cara membayar orderan di ecommerce

Supaya anda bisa meningkatkan kinerja saat menjalankan suatu bisnis, terutama bisnis pada e-commerce, anda perlu sistem yang sangatlah mendukung. Seperti integrasi ecommerce dengan erp

Software ERP ini dikatakan sebagai jenis software yang sangat bisa membantu suatu perusahaan saat mengerjakan kegiatan operasional bersifat berulang.

Dan pastinya, saat menggunakan software ini bisa membawa banyak perubahan mengenai perkembangan perusahaan, dari manajemen sumber dayanya, penggajian karyawannya, pencatatan transaksi dalam jual beli, dan yang lain.

Walaupun memang terlihat sangat membantu bisnis anda, ERP ini juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri, seperti dibawah ini,

Kelebihan dari Software ERP

Beberapa kelebihan dari software satu ini yaitu,

  1. Dapat Mengurangi Berbagai Biaya Operasional

Biasanya sumber dana yang paling besar dihabiskan perusahaan muncul dari biaya operasional serta manajemen. Tapi kedua biayanya itu bisa lebih dikelola ringkas jika memakai sistem ERP.

Dan hal ini secara tidak langsung akan mengurangi biaya operasional yang akan dikeluarkan dari pihak perusahaan tersebut.

  1. Data Bisnis dapat Terintegrasi

Diera seperti sekarang ini, data adalah hal penting yang harus dikantongi banyak perusahaan. Dan manfaat integrasi ecommerce dengan erp Ini bisa menjaring tiap data yang dibutuhkan perusahaan sehingga saat pengambilan keputusan dapat lebih akurat dan pasti.

Selain itu, perubahan juga dapat terjadi secara realtime dan akan lebih mudah untuk dipantau.

  1. Dapat Tingkatkan Kolaborasi

Kolaborasi akan menjadi salah satu kebutuhan penting yang wajib dikuasai bagi tiap perusahaan. Hal ini karena, tanpa melakukan kolaborasi, tidak akan muncul berbagai ide cemerlang yang terkandung pembaruan serta kemajuan dari teknologi.

  1. Meningkatnya Produktivitas

Jika Anda meninggalkan berbagai sistem manual lalu mengganti dalam sistem digital, tentu otomatis bisa meningkatkan produktivitas anda. Hebatnya lagi, sistem ERP ini akan dapat lebih membantu pekerjaan berulang yang akhirnya bisa dikerjakan dengan otomatis.

Kekurangan dari Software ERP

Sedangkan beberapa kekurangan dari software ERP ini adalah,

  1. Biaya Awal yang Lebih Besar

Agar dapat mengaplikasikan software ERP tersebut, anda tentu butuh biaya besar. Hal ini tidak asing karena dari kontribusi software ini saja, anda sudah tahu jika harganya akan sebanding dengan nilai pekerjaannya.

  1. Karyawan Lebih Sulit dalam Beradaptasi dengan Software ERP

Pada setiap perusahaan pasti bisa memberi dampak positif dan negatifnya sendiri, tapi untuk software ini salah satu dampak negatifnya adalah, ada kemungkinan jika karyawan yang dimiliki sulit dalam adaptasi dengan keberadaannya, yang malah bisa membuat kinerja perusahaan semakin menurun.

Jadi sebelum anda mulai menggunakannya, ada baiknya jika anda menginformasikan setiap departemen agar mendapat komitmen untuk dapat mengubah sistem kerja di perusahaan.

  1. Sistem Kerja yang Rumit

Karena integrasi ecommerce dengan erp Ini dapat lebih memenuhi setiap kegiatan perusahaan, maka ada kemungkinan anda akan sering kesulitan ketika mengoperasikannya. 

Maka dari itu, saat anda memilih software ERP ini, abda bisa membicarakan dahulu dengan perusahaan pembuat sehingga nantinya akan lebih dimengerti saat mengoperasikan nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *