Mengenal Jasa Pemetaan Lidar dan Tips Memilihnya

Ilustrasi Jasa Pemetaan Lidar

Lidar atau light detection and ranging sendiri merupakan teknologi survey yang menggabungkan pengukuran terkait jarak laser oleh sebuah alat menuju objek serta suatu teknologi bernama GNSS/IMU. Tujuannya, guna mendapatkan koordinat 3D. Seringkali kegiatan ini juga membutuhkan jasa pemetaan Lidar guna mendapatkan tingkat presisi tinggi.

Apa Itu Jasa Pemetaan Lidar

Sesuai dengan definisi yang sudah dijelaskan di atas terkait Lidar, maka jasa atau layanan pemetaan Lidar berarti sebuah layanan jasa guna melakukan pengukuran laser dengan tujuan mendapatkan koordinat 3D yakni titik X, Y, dan Z.

Nah, ketika Anda membutuhkan sebuah jasa pemetaan untuk Lidar, maka Anda harus benar-benar menemukan atau menggunakan yang terpercaya. Lantas, bagaimana caranya? Berikut pembahasannya.

Tips Memilih Jasa Pemetaan Lidar Terbaik

Terdapat beberapa teknologi atau teknik yang dibutuhkan guna melakukan pemetaan Lidar. Teknologi tersebut tentunya merupakan teknologi yang cocok guna memetakan area luas untuk memperoleh model elevasi digital 3D. Selain dikenal sebagai jasa yang sudah memiliki keahlian di bidang Lidar termasuk dalam hal teknologi yang dibutuhkan, jasa pemetaan Lidar terbaik juga bisa Anda cari dengan memperhatikan hal-hal berikut.

  • Berpengalaman

Tips pertama dalam menentukan jasa pemetaan Lidar adalah mencari yang berpengalaman. Bagaimana caranya? Anda bisa melihatnya di website resmi jasa yang dituju atau media sosial resmi si penyedia jasa sehingga tidak akan salah pilih.

Lihat sudah berapa lama menangani pemetaan Lidar atau siapa-siapa saja klien yang sudah pernah mempercayakan projeknya dengan jasa tersebut.

Bagi jasa yang profesional, maka riwayat klien dan pengerjaan yang sudah pernah dilakukan umumnya akan dicantumkan.

  • Alamat dan Kontak yang Dapat Dihubungi Jelas

Selanjutnya, tips menentukan jasa pemetaan Lidar yang kedua adalah melihat biodata dari jasa tersebut. Anda bisa mengecek alamat lengkap hingga nomor yang dapat dihubungi apakah tercantum dalam website atau tidak. Hal ini guna mengetahui kredibilitas dari suatu jasa termasuk untuk jasa pemetaan lightdetectionandrangingyang hendak Anda gunakan.

  • Mampu Menggarap Beberapa Jenis Model

Selain beberapa hal di atas, tips selanjutnya ada pada kemampuan yang dimiliki. Di antaranya adalah kemampuan dalam menggarap beberapa jenis sampel. 

Jasa terbaik umumnya memiliki keahlian di bidang pengerjaan DSM maupun DTM sampel. DSM sendiri merupakan digital surface model yang erat kaitannya dengan model permukaan secara digital. Sementara, DTM sendiri merupakan digital terrain model atau bentuk digitalnya dari sebuah terrain.

Melalui tips di atas, Anda bisa memilih jasa pemetaan untuk Lidar yang terbaik sehingga sesuai dengan apa yang Anda harapkan. Itulah pembahasan terkait tips memilih jasa pemetaan Lidar terbaik yang Anda butuhkan guna mengerjakan kebutuhan projek dalam bentuk digital elevasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *