Cara menghitung Suku Bunga Deposito

suku bunga deposito

Dalam hal ini, ada 2 cara yang dapat Anda lakukan untuk menghitung besaran suku bunga deposito itu sendiri. Anda yang ingin mengetahui cara menghitung bunga deposito, untuk menemukan strategi investasi yang tepat, maka berikut cara menghitungnya, yaitu :

Berdasarkan jumlah pendapatan per jatuh tempo

Adapun cara menghitung suku bunga deposito kali ini adalah dengan menghitung total pendapatan yang akan didapat setiap jatuh tempo. Dengan menggunakan metode yang satu ini, Anda akan mudah mengetahui kisaran profit secara keseluruhan.

  • Adapun rumus suku bunga deposito yang dimaksud adalah :

Bunga deposito = Setoran + (keuntungan yang diperoleh dari bunga deposito – jumlah pajak deposito itu sendiri).

  • Untuk menghitung profit dari bunga deposito itu sendiri adalah :

Keuntungan bunga deposito = (setoran x jumlah tenor x suku bunga) : 365 hari.

  • Untuk menghitung jumlah pajak yang harus dibayar adalah :

Jumlah pajak deposito = profit dari bunga deposito x tarif pajak.  

Pendapatan per bulan  

Adapun metode atau cara hitung suku bunga deposito berikutnya adalah dengan menggunakan keuntungan bunga per bulan. Dengan menggunakan cara ini, Anda akan mudah mengetahui, besaran bunga deposito per bulannya. Adapun rumus yang digunakan kali ini adalah :

Total bunga yang diperoleh= ( nilai setoran x nilai suku bunga x 80% x 30 hari) : 365 hari

Adapun angka 80%  yang ada dalam rumus ini, diperoleh dari persentase pendapatan yang nantinya dikurangi persentase pajak yang akan ditanggung nasabah. Adapun besaran nilai pajak tersebut adalah sekitar 100% kemudian dikurang 20% (100% – 20%).

Menghitung bunga deposito di bawah Rp 7,5 juta

Apabila nilai deposito Anda nilainya kurang dari Rp 7,5 jutaan rupiah, maka proses hitungnya jadi lebih sederhana. Adapun rumus yang akan digunakan kali ini adalah :

Bunga deposito yang akan diperoleh = total uang simpanan yang Anda lakukan x besaran bunga tahunan x tenor yang dilakukan

Dari ulasan di atas, sedikit banyak, kini Anda jadi mengetahui bagaimana cara menghitung suku bunga deposito secara tepat, untuk menghitung nilai besaran bunga yang akan diperoleh ketika Anda melakukan deposito kelak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *