4 Jenis Tempat Yang Menyediakan Kredit Pinjaman Jaminan Sertifikat Rumah

Illustrasi Pinjaman Uang

Saat ini di Indonesia, lembaga keuangan yang menawarkan pinjaman jaminan sertifikat rumah memang terbilang cukup banyak. Berikut ini adalah lembaga keuangan yang dimaksud, antara lain :

  1. Kredit Multiguna oleh bank

Adapun kredit multiguna sendiri adalah produk yang diberikan oleh pihak perbankan. Dalam proses pengajuan pinjaman kredit multiguna, pihak bank umumnya akan mengajukan beberapa pilihan agunan, salah satunya adalah jaminan sertifikat.

Sebenarnya bank pinjaman jaminan sertifikat yang dapat digunakan sendiri terbilang cukup banyak, mulai dari rumah, tanah, ruko, apartemen, dan yang lainnya. Tapi yang paling banyak digunakan oleh para nasabah adalah jaminan menggunakan sertifikat rumah.

Jaminan menggunakan sertifikat rumah ini, memang menghasilkan nilai pinjaman yang cukup besar. Berdasarkan aturan yang berlaku, alokasi dana pembiayaan yang ditetapkan, maksimalnya sekitar 40%, dari nilai agunan itu sendiri. Sedangkan tenor kredit yang dilakukan sendiri bisa dibilang tidak terlalu lama, hanya sekitar 1 hingga maksimal 5 tahun. Untuk besaran bunga yang ditawarkan sendiri mulai dari 0,9% per bulan.

  1. Layanan gadai

Adapun tempat lain yang juga menyediakan layanan pinjaman jaminan sertifikat rumah adalah layanan gadai. Kali ini Anda dapat menggunakan layanan gadai umum atau juga layanan gadai syariah.

Yang menarik adalah, layanan gadai ini adalah salah satu layanan keuangan yang cukup umum dikunjungi oleh masyarakat dengan penghasilan tetap, atau bahkan pengusaha mikro atau pengusaha kecil. Syarat untuk mengajukan pinjaman yang ditawarkan oleh oleh layanan gadai ini sendiri juga tidak terlalu rumit atau sulit. Selain itu kelebihan dari layanan gadai yang satu ini adalah pinjaman yang dilakukan dapat dilunasi kapan saja, atau sewaktu-waktu, tanpa ada penalti.    

  1. Lembaga non-bank

Saat ini hampir semua lembaga non bank yang ada di Indonesia, sudah terdaftar secara resmi di OJK. Layanan pinjaman jaminan sertifikat adalah salah satu layanan pinjaman yang cukup diunggulkan, oleh lembaga keuangan non bank tersebut.

Adapun syarat yang diajukan, untuk layanan pinjaman sendiri tidak terlalu sulit. Dimana rata-rata syarat yang diajukan, kurang lebih sama dengan syarat yang diajukan oleh pihak bank. Hanya saja lama proses pencairan yang dilakukan oleh lembaga keuangan yang satu ini terbilang lebih cepat, ketimbang bank.

  1. Koperasi

Lembaga keuangan berikutnya yang juga menyediakan layanan pinjaman dengan sertifikat adalah koperasi. Proses pengajuan pinjaman yang ditawarkan oleh pihak koperasi ini sendiri juga tidak terlalu sulit, dan rata-rata syarat yang diajukan, kurang lebih sama dengan syarat yang diajukan oleh pihak bank. Yang membedakan adalah nilai besaran dana pinjaman yang diperoleh, dan lama proses pencairan dana pinjaman itu sendiri.

Ketika Anda akan mengajukan pinjaman jaminan sertifikat, sebaiknya pilih lembaga keuangan yang kredibel dan juga terpercaya. Tidak hanya itu, pastikan juga lembaga pemberi pinjaman tersebut terdaftar di OJK, agar terjamin keamanannya.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *