Tips Memilih Sekolah Kristen Terbaik untuk Anak Anda, Tidak Perlu Bingung

tips memilih sekolah kristen yang tepat untuk anak

Memilih sekolah bukanlah perkara mudah bagi para orang tua, selain biaya biasanya kurikulum juga menjadi pertimbangan untuk memasukkan anak ke sebuah sekolah. Sekolah dengan basis agama juga kerap dijadikan pilihan orang tua ketika akan menyekolahkan anaknya.

Kali ini kita akan bahas tips memilih sekolah Kristen untuk si kecil yang bisa menjadi pertimbangan Anda.

  • Jarak

Jarak adalah hal yang perlu Anda pikirkan sebelum memutuskan sekolah anak, terutama jika anak Anda masih kecil. Perlu diingat jarak sekolah yang terlalu jauh dapat membuat anak kelelahan dan menimbulkan rasa malas untuk pergi ke sekolah.

Sementara jika anak Anda sudah berada di jenjang yang lebih besar, Anda bisa mempertimbangkan sekolah yang jaraknya agak jauh. Namun, jangan lupa untuk menanyakan pada anak tentang kesanggupannya dalam menempuh jarak.

  • Kurikulum 

Hal berikutnya yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih sekolah kristen untuk anak Anda adalah kurikulum yang digunakan oleh sekolah.

Anda bisa memeriksa apakah sekolah tersebut mengikuti standar kurikulum yang telah ditetapkan pemerintah atau menambahkan kurikulum lain dalam kegiatan belajarnya.

  • Biaya

Biaya juga merupakan salah satu hal penting yang patut dipertimbangkan saat akan memasukkan anak ke sekolah. Pilihlah sekolah yang memang menawarkan biaya yang sesuai dengan budget Anda.

Biaya yang perlu dipikirkan bukan hanya biaya masuk namun juga biaya iuran perbulannya.

  • Keamanan di Sekolah

Sebagai orang tua, Anda tentu ingin anak Anda berada dalam situasi yang aman dan nyaman selama berada di sekolah. Oleh karena itu, ada baiknya sebelum mendaftarkan anak, pelajari dulu keamanan di sekolah.

Misalnya melihat apakah ada security yang berjaga di sekolah dan bagaimana mereka memperlakukan murid-murid.

  • Lingkungan pergaulan di Sekolah

Lingkungan pergaulan juga merupakan faktor penentu yang perlu dipikirkan ketika menyekolahkan buah hati Anda. Meskipun jika dibandingkan dengan sekolah negeri, sekolah swasta terutama yang memiliki basis agama memiliki lingkungan yang spesifik tapi pergaulan para muridnya tetap perlu diperhatikan terlebih dahulu.

  • Fasilitas yang Disediakan Sekolah

Umumnya sekolah yang dibina oleh yayasan seperti sekolah swasta memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu fasilitas apa saja yang dimiliki oleh calon sekolah anak Anda.

Hal ini juga akan berkaitan dengan kenyamanan belajar anak Anda kelak.

  • Keinginan Anak

Hal terakhir, namun paling penting yang perlu dipikirkan ketika memilih sekolah untuk anak adalah keinginan dari si anak itu sendiri.

Jangan sampai anak merasa dipaksa untuk masuk ke sekolah tertentu yang mengakibatkan dirinya kelak kehilangan minat dan semangat untuk belajar.

Untuk mencari tahu hal tersebut, Anda bisa mengajak anak berdiskusi ketika memilih sekolah.

Itulah tips memilih sekolah Kristen terbaik untuk anak Anda, apakah Anda sudah menemukannya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *