Alasan Bisnis Anda Harus integrated ecommerce platform dengan Point Of Sale

Ilustrasi ecommerce platform

Dengan integrated multi channel ecommerce platform anda bisa dengan mudah mengintegrasikan e commerce anda dengan berbagai perangkat lunak untuk membantu memudahkan dan mengoptimalkan bisnis anda. Salah satunya adalah integrasi dengan Point of Sales (POS).

Apa itu sistem POS?

Point Of Sale sederhananya memiliki arti sebuah sistem yang membuat transaksi penjualan di supermarket, restoran, kafe, toko, dan lain sebagainya menjadi lebih mudah dan fleksibel. Biasanya sistem POS ini menjadi satu dengan mesin kasir dekat pintu keluar.

Sistem POS memiliki fungsi yang lebih advance yaitu menjadi penghubung pada transaksi bisnis anda secara menyeluruh mulai dari penjualan barang, inventarisasi, hingga management pelanggan. Terdapat berbagai macam bentuk dari sistem POS ini, yaitu:

  1. Alat pembaca kartu kredit
  2. printer tanda terima
  3. pemindai bar code atau kode batang
  4. alat register

POS dapat memberikan anda kemampuan yang memungkinkan pembayaran dilakukan dengan lebih cepat, lebih mudah, dan lebih nyaman dan aman bagi pelanggan karena mereka bisa membayar dengan menggunakan berbagai macam metode yang berbeda mulai dari uang tunai, kartu kredit, e-wallet atau dompet elektronik, melalui scan code bar aplikasi seluler, dan lain-lain. 

Kenapa Harus integrated multi channel ecommerce platform dengan Sistem POS?

  1. Meminimalisir Kesalahan Yang Dilakukan Dengan Manual

Saat ini masih banyak pelaku usaha yang memisahkan antara sistem POS dengan ecommerce nya sehingga data dari ecommerce harus dipindahkan secara manual ke sistem POS. Hal itu tentunya membutuhkan orang untuk melakukannya, dan orang tidak luput dari yang namanya alpa.

Dengan integrasi yang dilakukan maka data tersebut dapat diolah secara otomatis sehingga kesalahan-kesalahan manusiawi seperti yang terjadi di masa lalu bisa dihindari.

  1. Efisiensi Waktu

Data yang sudah terintegrasi tidak perlu dipindahkan secara manual, sehingga menghemat waktu dan tenaga anda. Jangan membuang waktu dan tenaga anda pada hal-hal yang bisa dilakukan secara otomatis agar anda bisa fokus pada hal-hal yang lebih penting seperti bagaimana meningkatkan angka konversi penjualan dan lain sebagainya.

  1. Mempercepat Balik Modal

Balik modal atau bahasa kerennya return of investment adalah sesuatu mendasar dari sebuah bisnis. Makin cepat balik modal maka peluang makin untung akan semakin besar. 

Integrasi yang dilakukan membuat anda bisa dengan otomatis menganalisis stok yang macet, yang bergerak lambat, dan stok yang paling laku di pasaran sehingga anda bisa menggunakan data itu untuk mengoptimalkan penjualan.

  1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Anda

Inilah tujuan sebenarnya dari integrated multi channel ecommerce platform dan sistem POS. Dengan semua jadi sederhana dan optimal, maka pelanggan otomatis akan memperoleh pengalaman yang nyaman saat berbelanja dan peluang untuk kembali membeli produk anda jadi membesar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *