Mengetahui Beberapa Bagian Dari Commercial Espresso Machine

mesin kopi diatas meja

Apabila Anda baru kali pertama membeli commercial espresso machine, tentunya akan kebingungan dengan bagian-bagian dari alat tersebut dan bagaimana cara penggunaannya. Oleh karena itu, Anda harus mempelajari terlebih dahulu komponen yang ada pada mesin kopi ini supaya dapat menggunakannya dengan baik pada saat membuat kopi espresso yang sempurna.

Apakah Commercial Espresso Machine Penting?

Ketika terdapat pertanyaan yang seperti itu, akan terdapat jawaban yang berbeda. Bagi mereka yang bukan penikmat kopi, maka akan menjawab tidak penting. Namun, bagi Anda penikmat kopi akan memberikan jawaban penting. Hal tersebut dikarenakan adanya effort untuk mencoba membuat kopi dengan hasil yang baik dari tangan Anda sendiri.

Komponen Commercial Espresso Machine

Berikut ini beberapa komponen dari mesin pembuat kopi espresso yang harus Anda ketahui:

  1. Steam Wand

Bagi Anda yang menyukai pembuatan dari kopi seperti latte ataupun capucino, maka Anda akan sering sekali menggunakan kompnen ini. Hal tersebut dikarenakan fungsi dari komponen ini dapat membuat buih pada susu yang nantinya akan Anda campurkan di kopi. Proses dari pembuahan tersebut umumnya disebut dengan frothing. 

  1. Group Head

Komponen yang satu ini mempunyai fungsi yang penting karena komponen inilah yang nantinya mempunyai tugas untuk bisa melakukan ekstraksi kopi dengan menggunakan tekanan yang tinggi. Group head ini sendiri merupakan semacam pintu yang bisa mempertemukan kopi di portafilter dengan air panas di water boiler. 

  1. Water Boiler

Komponen ini berfungsi agar bisa mendidihkan air yang digunakan untuk membuat kopi. Komponen ini dapat pula digunakan untuk mendidihkan susu yang nantinya akan dicampur ke dalam kopi yang Anda buat. Komponen ini berbentuk tabung dan tentunya ada disemua commercial espresso machine. Hal itu dikarenakan tanpa adanya water boiler, maka Anda tidak dapat membuat kopi hangat yang praktis.

  1. Portafilter

Komponen ini berfungsi untuk menampung bubuk kopi sebelum diproses untuk menjadi minuman. Komponen ini sendiri umumnya mempunyai bentuk menyerupai wadah dengan adanya gagang yang dapat dipegang supaya bisa memasukkannya ke mesin pembuat kopi espresso. 

Setelah itu, Anda harus menekan bubuk kopi yang ada di portafilter dengan kuat dan sempurna supaya dapat menghasilkan kopi yang wangi dan juga tentunya lezat. Anda jangan lupa untuk terus memegangi bubuk kopi di portafilter secara rutin. Hal tersebut dikarenakan apabila tidak sering diganti, maka kopi yang dihasilkan akan berbeda. Usahakan untuk menggunakan bubuk kopi yang ada di portafilter sebanyak 2 kali pembuatan.

Itulah informasi terkait dengan komponen-komponen apa saja yang ada di commercial espresso machine yang harus Anda ketahui supaya tidak salah langkah ketika ingin membuat kopi untuk kali pertama. Silakan mencoba dengan excited sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *